MENUJU FITRAH

Selasa, 08 September 2009


Setiap hari Raya Idul Fitri hmpir seluruh umat islam di Indonesia, dan mungkin juga ada sebagian dari umat agama lain yang memanfaatkan bulan syawal sebagai bulan menuju fitrah kembali, mereka senantiasa mengadakan acara halal bi halal atau acara saling maaf memaafkan antara yang satu dengan yang lain mereka saling bermusafahah atau bersalaman dengan harapan kesalahan atau dosa antar mereka bisa diampuni Allah SWT sehingga kembali fitrah seperti pada saat lahir.. Halal bi halal diadakan setelah melalui proses perjuangan umat islam dalam melawan hawa nafsu selama satu bulan penuh yaitu bulan puasa / romadlon. Dalam satu bulan romadlon dibagi dalam 3 (tiga) tahap yaitu :

Tahap I yaitu 10 hari pertama yang dikenal bulan PENUH ROHMAH, pada masa itu terlalu banyak rohmah yang dilimpahkan Allah kepada hambanya. Perbanyaklah amal ibadah dan sodaqoh agar rahmat juga terlimpah kepada kita

Tahap II yaitu 10 hari kedua atau mulai tanggal 11 sampai dengan tanggal 20 dikenal dengan bulan PENUH AMPUNAN. Perbanyaklah mohon ampunan Allah sehingga kita dapat terbebas dari berbagai macam dosa yang telah kita perbuat. Namun dengan catatan tidak megulangi lagi perbuatan dosa-dosa dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tahap III yaitu 10 hari terakhir mulai tanggal 21 sampai hari raya Idul Fitri dikenal dengan TERHINDAR DARI API NERAKA. Perbanyaklah berdoa kepadaNya sehingga akhir dari puasa romadlon kita dapat terbebas dari siksaan api neraka. Namun kita harus bersungguh-sungguh, artinya setelah bulan puasa romadlon kita tetap menjaga amal ibadah dan sodaqoh kita.

Setelah satu bulan penuh berpuasa maka datanglah hari kemenangan yang disebut hari Idul Fitri. Pada hari atau bulan syawal itu banyak dilaksankan halal bi halal antar anggota keluarga, teman, saudara , tetangga, sejawat dan sebagainya. Budaya ini hanya terjadi di Indonesia. Perlu diketahui ada istilah 3 L dalam halal bi halal yaitu :

LUBER artinya bagi kaum muslim yang punya rejeki lebih harus banyak medermakan rejekinya kepada orang lain. ini yang dikenal dengan istilah LUBER.

LEBUR artinya antar kita saling berkenan untuk menyatakan maaf kepada orang lain berarti kita saling maaf memaafkan. Kegiatan saling maaf memaafkan satu sama lain inilah yang dikenal dengan istilah LEBUR.

LABUR artinya setelah antar kita saling maaf memaafkan kita harus saling menjaga untuk tetap keadaan bersih tanpa dosa dan kesalahan itu artinya kita tidak boleh dengan sengaja berbuat dosa antar kita.

0 comments:

Posting Komentar

 
 
 

About Me

Foto Saya
SMK Negeri 1 Karimunjawa
beralamat di Jl. Ahmad Yani No. 1 Karimunjawa,Kabupaten Jepara, Jawa Tengah berdiri dengan SK Bupati Jepara No. 212/2003 tanggal 11 Nopember 2003, Terakreditasi denagn SK BAP No. 117/BAP-SM/XI/2008 tanggal 7 Nopember 2008, mempunyai 3 Program Keahlian :
1. Agribisnis Rumput laut (B)
2.Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (B)
3. Agribisnis Perikanan(Belum).
Lihat profil lengkapku
Powered By Blogger